Cara Menghubungkan Google AdSense dengan Website WordPress

Google AdSense merupakan platform yang memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan pada website. Dengan mengaturnya, Anda dapat menempatkan iklan di berbagai lokasi website Anda, seperti sidebar, footer, atau di antara postingan.

Google akan menelusuri basis datanya untuk menemukan iklan yang relevan dengan konten website Anda. Misalnya, jika Anda membuat website tentang tutorial komputer, maka Google akan menyediakan iklan yang berkaitan dengan komputer.

Lalu, bagaimana Anda bisa mendapatkan penghasilan? Google menggunakan sistem cost-per-click (CPC). Setiap kali seseorang mengklik iklan, Anda akan mendapatkan sejumlah uang. Nilai pendapatannya akan ditentukan dari berbagai faktor mengikuti kebijakan Google.

Langkah-langkah Menghubungkan Google AdSense dengan Website WordPress #

Ikuti langkah-langkah berikut secara berurutan untuk menghubungkan Google AdSense dengan website WordPress Anda.

Langkah 1. Daftar Google AdSense #

Anda bisa mendaftar ke Google AdSense menggunakan akun Gmail Anda.

1. Akses ke URL berikut: www.google.com/adsense untuk masuk halaman Google AdSense. Kemudian, klik tombol Mulai.

2. Silakan melakukan Login dengan akun Gmail Anda.

3. Anda perlu melengkapi beberapa hal di halaman ini. Pada kolom Situs Anda, tuliskan nama domain website Anda. Berikutnya, pilih opsi Ya untuk mendapatkan informasi tambahan dari Google AdSense. Setelah itu, Anda dapat memilih Negara/wilayah pembayaran Anda.

Gulir ke bawah, lalu baca dan pahami Persyaratan dan Ketentuan Google AdSense terlebih dahulu. Kemudian, beri tanda centang pada bagian “Saya telah membaca dan menyetujui perjanjian”. Untuk melanjutkan pendaftaran, klik tombol Mulai gunakan AdSense.

4. Halaman dashboard Google AdSense akan ditampilkan. Selamat! Anda berhasil mendaftar di Google AdSense.

Langkah 2. Hubungkan Google AdSense dengan Website WordPress #

Setidaknya terdapat 2 cara untuk menghubungkan website WordPress dengan Google AdSense. Pilih salah satu cara saja sesuai kebutuhan Anda:

  1. Tempel Manual Kode AdSense di HTML Website WordPress
  2. Gunakan Plugin Site Kit by Google

Cara 1. Tempel Manual Kode AdSense di HTML Website WordPress #

Anda dapat menempelkan Kode AdSense secara manual pada setiap halaman website untuk menampilkan iklan. Cara ini cocok untuk Anda yang mengerti struktur HTML WordPress.

1. Pada halaman Beranda Google AdSense, gulir ke bagian Hubungkan situs Anda ke AdSense dan klik Ayo mulai.

2. Anda akan diarahkan ke halaman Situs. Lalu, salin Kode AdSense yang tertera di sana.

3. Sekarang Anda perlu beralih ke dashboard WordPress. Kemudian, pilih menu Appearance dan klik submenu Theme Editor.

4. Layar pop-up konfirmasi untuk edit tema WordPress akan muncul. Klik tombol I understand untuk melanjutkan.

5. Anda akan diarahkan ke halaman Edit Themes. Temukan dan klik file Theme Header (header.php) di bagian Theme Files. Kemudian, tempel Kode AdSense yang telah Anda salin di atas tag seperti ini. Untuk menyimpan perubahan, klik tombol Update File.

6. Silakan kembali ke halaman Situs. Lalu, klik tombol Minta peninjauan agar Google melakukan pemeriksaan website Anda.

7. Selamat! Google AdSense telah terhubung dengan website WordPress Anda. Selanjutnya, klik menu Situs untuk melihat status peninjauan Google.

8. Anda bisa melihat status peninjauan di halaman ini. Sekarang statusnya “Sedang disiapkan…”. Proses ini membutuhkan waktu hingga 2 minggu. Google akan memberitahu Anda melalui email setelah menyelesaikan pemeriksaan website.

9. Setelah website Anda disetujui oleh Google, klik menu Iklan untuk mengatur tampilan iklan. Nantinya iklan juga akan memiliki kode yang perlu ditempel pada halaman website.

Powered by BetterDocs